Rabu, 18 Februari 2015

Kesimpulan dari Film "The Imitation Game"


Assalamu’allaikum wr.wb
 
          Alhamdulillah-alhamdulillah  hiladzi  hada  nalihadza  wama quna  linahtadiya  laula  ‘an  hadaanallah  assolatu  wassalamu  ala asrofil  anbiya  iwal  mursalin wa’ala  alihi  washobihi  azmain  ama ba’du .
 
          Di sini saya taruna  Rafli Rifai Muslim  ingin memberitahu anda  kesimpulan dari film imination game  . Semoga bermanfaat J
 
Alan Turing
 
Alan Turing adalah seorang ahli matematika yang menciptakan mesin penerjemah atau yang sekarang sering disebut computer.
 
Alan Turing ingin menciptakan mesin yang bernama Christoper & Enigma. Christoper adalah mesin penerjemah  dan nama Christoper sendiri diambil dari nama sahabatnya waktu masih bersekolah. Sewaktu kecil Alan Turing selalu diejek oleh anak-anak di sekolahnya bahkan ia tidak mempunyai teman pada saat itu karna mempunayi sifat yang berbeda dari anak-anak lainnya . Lalu datanglah seorang anak yang bernama Christoper yang membantu dia, Christoper adalah teman satu-satunya yang dimiliki oleh Alan Turing di sekolah tetapi temannya itu selalu mengatakan kepadanya bahwa hal yang luar biasa muncul dari orang yang tidak biasa” . Sedangkan enigma adalah mesin yang bisa membaca kode atau kata sandi computer.
 
Waktu itu dia ditugaskan oleh pemerintah inggris untuk memecahkan kode yang disebut kode enigma untuk memenangkan perang melawan nazi jerman, dia juga dibantu oleh penerjemah-penerjemah lainnya yang mempunyai otak yang sangat cerdas dan dia menjadi ketua dari kelompok-kelompok tersebut.
 
Alan turing mencari orang untuk membantunya dengan cara permainan teka teki silang tapi permainan itu hanya diberikan waktu selama 5 menit, lalu ada seorang perempuan yang sudah menyelesaikan teka teki silang itu dalam waktu kurang dari 5 menit tetapi alan turing dapat menyelesaikan teka teki silang itu dalam enam menit, dan dari permainan itu dia mendapat tambahan pekerja dua orang yang bernama peter dan joan.
 
Kemudian mereka mulai membuat mesin Christoper tersebut. Dalam membuat mesin tersebut, mereka hampir putus asa karna sangat sulit  dan memerlukan waktu yang sangat lama. Tetapi dengan kesabaran dan ketelitiannya, akhirnya mesin tersebut  jadi.
 
Setelah itu mereka mulai mencoba memecahkan kode enigma tersebut, tetapi mereka tidak bisa memecahka kode tersebut dan akhirnya pemerintah ingin mencabut dana yang telah diberikan untuk memecahkan kode enigma karena Alan Turing dan rekan-rekan kerjanya belum bisa memecahkan kode enigma tersebut, tetepi Alan Turing meminta waktu lagi untuk dapat memecahkan kode tersebut. Lalu pemerintah setuju dan memberi waktu selama satu bulan dan jika belum bisa memecahkan kodenya maka ia akan diberhentikan dari pekerjaannya tersebut.
 
Setelah hampir satu bulan mereka pun dapat memecahkan kode tersebut melalui bocoran yang diberikan oleh teman kerjanya  Joan yang berkerja di jerman, dan akhirnya Alan Turing memberikan strategi serangan yang ingin dilancarkan oleh nazi jerman kepada pemerintah inggris dan akhrinya inggris pun dapat memenangkan peperangan tersebut
 
Tetapi setelah itu Alan Turing malah dihina karna kelakuan yang tidak senonoh atau yang sering di sebut homoseksual . Pada zaman dulu orang yang mempunyai sifat homoseksual akan dihukum dan tidak dihormati. Dan mesin Christopernya ingin dihancurkan begitu saja karena sudah tidak diperlukan lagi tetapi Alan Turing tidak mau mesin penemuannya itu di hancurkan, dan akhirnya pemerintah menyuruh Alan Turing untuk memilih ingin mesinnya dihancurkan atau diberi obat untuk menghilangkan sifat homoseksualnya . Alan Turing memilih untuk diberi obat dari pada mesin Christopernya karena mesinnya tersebut mempunyai kecerdasan yang dapat mengalahkan orang pintar seperti kepintaran pada Christoper yang meninggal pada waktu Alan Turing masih sekolah.
 
Kemudian, Alan Turing bunuh diri karena sudah tidak kuat lagi menghadapi hidupnya. Dan akhirnya penemuannya tersebut duaikui oleh ratu Elisabeth II yang sudah lama dirahasiakan oleh pemerintah selama 50 tahun lamanya . Dan berkat penemuannya tersebut sidan menyelamatkan  banyak orang dan mengurangi waktu pertempuran selama 1 tahun. Dan alan Turing sekarang sering disebut bapak komputer karena dia yang menciptakan mesin yang sekarang sering disebut dengan komputer.
 
Itulah tadi  kesimpulan  dari film imination game . kurang lebih nya mohon ma’af !
 
Jika ada jarum yang patah
Jangan di simpan di dalam peti
Jika ada kata yang salah
Jangan di simpan di dalam hati
 
Wassalamu’allaikum wr.wb
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar